Belasan Guru PAUD Ikuti Pelatihan Produksi Alat Peraga Visual di Fikom Unisba

MEDIAKAMPUS.INFO– Tim Pengabdi yang terdiri atas dosen Prodi Ilmu Komunikasi dan Prodi PAUD Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) Universitas Islam Bandung (Unisba) mengadakan Pelatihan Pembuatan Alat Peraga Visual Berbasis Digital dalam Menumbuhkembangkan Teacherpreneurship Guru PAUD.

Kegiatan itu dilakukan dalam rangka pengabdian kepada masyarakat yang dibiayai oleh Kementerian Pendidikan Kebudayaan, Riset, dan Teknologi – Dirjen Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi.

Pada kegiatan tersebut, para pesertanya merupakan perwakilan dari guru-guru PAUD se-Kecamatan Astana Anyar di bawah POKJA Bunda PAUD Kecamatan Astana Anyar, Bandung. Kegiatan itu dilaksanakan di Aula Kecamatan Astana Anyar, Jalan Bojongloa Nomor 69, Panjunan, Kecamatan Astanaanyar, Kota Bandung, Jumat – Sabtu (13-14/10) pukul 08.00 WIB – 14.30 WIB.

“Di era digital saat ini, guru-guru PAUD harus memiliki keterampilan teknologi komunikasi dan informasi yang dapat meningkatkan kualitas pembelajaran kepada anak didik. Untuk itu kami mencoba memberikan pelatihan kepada guru-guru PAUD di kecamatan Astan Anyar tentang membuat game edukasi’’ ujar Ketua Tim Pengabdi Dr. Ferry Darmawan.

Pelatihan pembuatan game edukasi dimulai dengan pemberian pre-test kepada peserta pelatihan. Hal itu dimaksudkan untuk mengukur bagaimana kemampuan awal peserta terkait materi pengembangan media ajar berbasis teknologi digital.

Materi tentang Teacherpreneurship dan pengembangan kompetensi guru dipaparkan oleh Arif Hakim sebagai tim pengabdi dari FTK Unisba. Guru dimotivasi untuk dapat menjadi pengajar yang kreatif dan inovatif agar dapat menjawab tantangan pendidikan anak usia dini di masa mendatang yang tidak lepas dari komputerisasi dan teknologi digital.

Pada sesi kedua, materi tentang Implementasi TIK dalam PAUD disampaikan oleh Sophia Novita sebagai tim pengabdi dari Fikom Unisba. Materi ini memberikan pengetahuan kepada para guru tentang peluang TIK dalam mengembangkan jiwa teacherpreneur. Hari pertama kegiatan PKM ditutup dengan pengenalan game edukasi serta pemberian tugas kepada para peserta untuk kegiatan pelatihan di hari kedua.

Hari kedua PKM para peserta langsung mengikuti pelatihan pembuatan game edukasi yang disampaikan oleh Ferry Darmawan sebagi tim pengabdi dari Fikom Unisba. Kegiatan dilaksanakan di Lab Multimedia Fikom Unisba, Jalan Tamansari Nomor 1 Bandung.

“Kegiatan ini sangat berguna bagi kami, guru PAUD, selain menambah pengetahuan, juga membuat guru-guru lebih kreatif. Kami berharap ke depan ada lagi kegiatan-kegiatan semacam ini kepada kami,” ujar Eva Sri Haryati, SH., S.Pd. sebagai perwakilan Pokja Bunda PAUD Kecamatan Astana Anyar.

Kegiatan pelatihan ini diikuti oleh 15 peserta dengan antusias. Semua peserta mampu membuat game edukasi sederhana berbasis powerpoint.

‘’Alhamdulillah, para peserta cukup antusias mengikuti pelatihan karena materi yang disampaikan merupakan hal baru bagi mereka sebagai seorang guru PAUD. Mudah-mudahan mereka bisa terus mengasah kreativitasnya,’’ tandas Eva.

Tim Pengabdi PKM Unisba, bersama Ketua POKJA Bunda PAUD Kecamatan Astana Anyar Bandung, Siswaty Andayani dan para peserta pelatihan yaitu Guru-guru PAUD se-kecamatan Astana Anyar, Bandung

Pada hari kedua, Pelatihan Pembuatan Game Edukasi berbasis powerpoint untuk Guru Paud se-Kecamatan Astana Anyar dilakukan di Lab Multimedia Fikom Unisba menggunakan komputer digital. (ask/bnn)


Penyerahan Plakat dari Ketua Tim Pengabdi, Ferry Darmawan kepada Ketua Pokja Bunda Paud Kecamatan Astana Anyar Bandung, Siswaty Andayani.(foto: ist)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *