Pelaku Usaha Kuliner Ikuti Pelatihan Penggunaan Media Digital untuk Mengembangkan Bisnis

MEDIAKAMPUS.INFO (10/06/2022): Tim Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) Fikom Unisba (Universitas Islam Bandung),  Kamis (2/6/2022) melaksanakan workshop “Pengembangan Kewirausahaan Baru di Bidang Jasa Boga Melalui Pemanfaatan Media Daring Sebagai Media Bisnis” di Pesantren Ulul Albab, Bojong Koneng Kabupaten Bandung. Tim PKM yang dimotori Prof.Dr. Neni Yulianita, M.Si melaksanakan kegiatan ini di tahun ketiga; tahun pertama di Pesantren Baitul Hidayah – Cimenyan dan tahun kedua di Pesantren Darul Arqam – Garut. Peserta PKM merupakan pelaku usaha baru di Pesantren Ulul Albab, yang terdiri atas pelaku usaha catering, minuman yoghurt, dan makanan seblak sebanyak15 peserta.

Pemateri pada PKM kali ini merupakan dosen Fikom Unisba  yang mempunyai keahlian di bidang Media Digital, Komunikasi Bisnis, dan Digital Marketing PR. Materi pertama membahas  Konten Kreatif dalam Bisnis Tata Boga yang disampaikan Dr. Tresna Wiwitan, M.Si., materi kedua Komunikasi Bisnis dalam Perspektif Islam pematerinya M Subur Drajat, M.Si., materi ketiga membuat Foto Kreatif dalam Bisnis Tata Boga dipaparkan  Dr. Oji Kurniadi, M,Si., dan pemateri keempat Digital Marketing PR Produk Jasa Boga disampaikan oleh Dr. Ani Yuningsih, M.Si., serta  pemateri kelima Etika Komunikasi Bisnis Jasa Boga dipresentasikan Prof.Dr. Neni Yulianita, M.Si.

PKM ini bertujuan agar para pelaku usaha di Pesantren Ulul Albab ini bisa menggunakan media online, seperti IG, Tiktok, dan Youtube sebagai media promosi usaha jasa boga. Hasil akhir dari PKM ini peserta PKM mempunyai konten IG dan Tiktok untuk mempromosikan atau memasarkan usaha jasa boganya.

Pembina Pesantren Ulul Albab menyambut baik kegiatan PKM ini untuk memberikan bekal pengetahuan dan keterampilan baru berkaitan dengan media Online sebagai Media Bisnis. Selama ini usaha makanan dan minuman di Pesantren Ulul Albab belum menggunakan media online sebagai media promosinya. Jadi, setelah pelatihan ini pelaku usaha menggunakan IG dan Tiktok untuk promosi produknya.

Menurut ketua kegiatan, Neni Yulianit, PKM ini dilakukan untuk memberikan kontribusi kepada masyarakat mengenai pemanfaatan media online sebagai media promosi dan pubikasi yang terbilang mudah dilakukan dan murah harganya.

“Di era dunia digital saat ini hampir semua kegiatan jual beli sudah memanfaatkan media digital. Jika kita tak mengantisipasinya maka bisa dipastikan bisnis kita akan tertinggal. Mau tidak mau di era disrupsi ini keniscayaan menggunakan media online sebagai pendukung ecommerce urgen dilakukan,” jelas Neni. (ask/png)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *