Mahasiswa Prodi Akuntansi FEB Unisba Bantu Berdayakan Pengelolaan Masjid

MEDIAKAMPUS.INFO (20/07/2022) – Mahasiswa Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Unisba melakukan pemberberdayaan kepada Masjid Nurul Iman Antapani Kota Bandung melalui Proyek Independen MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka) Tahun Akademik 2021/2022 yang dilaksanakan di selama kurun waktu April s.d. Mei 2022.

Kegiatan ini diketuai oleh Salma Ghina Khairunnisa,  beranggotakan Dini Nur Maulidina, Manar Maufidah dan Junaedi, serta dibimbing oleh dosen  Dr. Rini Lestari.

Ketua tim mengatakan, kegiatan ini terlaksana karena pengelolaan dana di Masjid Nurul Iman masih manual  dan laporan keuangan yang masih bersifat rekening pribadi milik Bendahara Umum sehingga hanya laporan arus kas saja yang digunakan sebagai pelaporan keuangan. Selain itu, tidak dimilikinya sertifikat legalitas masjid.

Menurutnya, hal ini  dapat menimbulkan adanya ancaman di masa yang akan mendatang seperti penggusuran tanah, sulitnya mengajukan proposal, pembangunan koperasi, dan lain hal sebagainya, serta miss pencatatan dan pembukuan karena dana yang masuk bercampur dengan kas pribadi.

Salma menuturkan, pemberdayaan ini dilakukan dengan memberikan strategi yang dapat digunakan untuk menggunakan kekuatan dalam mengatasi ancaman yaitu memanfaatkan sertifikat dari MUI untuk mempercepat sertifikasi legalitas masjid. Serta menyarankan untuk membuat rekening pribadi masjid untuk meminimalisir miss pencatatan agar pencatatan keuangan masjid lebih terstruktur dan lebih baik lagi.

Ia melanjutkan, strategi lainnya yaitu dengan merekomendasikan aplikasi berbasis digital untuk membantu masjid dalam pencatatan laporan keuangannya. “Aplikasi yang direkomendasikan meliputi Masjidku, Buku Kas, dan aplikasi keuangan berbasis digital lainnya,” ujarnya.(ask/png)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *