Kini Pelaku UMKM di Kecamatan Ciparay Bisa Buat Katalog

MEDIAKAMPUS.INFO – Bertempat di Aula Kecamatan Ciparay Kabupaten Bandung Jawa Barat, tim PKM dari LPPM Unisba (Universitas Islam Bandung) mengadakan Pelatihan Menulis Buku Untuk Promosi Produk UMKM di Kecamatan Ciparay, Kamis (12/3/2020). Hadir pada kesempatan itu narasumber dari Fikom Unisba, yakni Dr. Aning Sofyan, Dr. Yusuf Hamdan, Dr. Yenny Yuniati, dan Dr. Nila Nurlimah. Masing-masing membawakan materi seputar dunia penulisan, dari motivasi menulis, gaya penulisan buku, langkah-langkah menulis, mengatasi hambatan menulis, langkah menulis buku, dan praktik menulis.

Dalam sambutannya ketua tim PKM Dr. Anne Ratnasari menyebutkan bahwa kegiatan ini merupakan kelanjutan dari kegiatan PKM sebelumnya yang mengangkat materi personal branding. Kegiatan ini  bertujuan untuk memberikan keterampilan menulis, terutama sales letter yang menarik  bagi para pelaku UMKM di Kecamatan Ciapray yang tergabung dalam Paguyuban UMKM Kecamatan Ciparay.

Anne menjelaskan, untuk sukses menulis ada beberapa hal yang perlu dilakukan, yakni mengkomunikasikan gagasan, gagasan tersebut harus punya nilai lebih, disampaikan kepada orang yang tepat dan dengan cara yang tepat. Khusus untuk pelaku UMKM di Ciparay yang penting nilai lebihnya adalah proses menghasilkan tulisan dengan tujuan menjual sesuatu, produk, jasa atau kemampuan orang.

Mengenai gaya penulisan Yusuf Hamdan menjelaskan gaya penulisan bisa dalam bentuk cerita, tanya jawab, tips, surat, ringkasan, berita, dan catatan harian.

“Misalnya Anda menggunakan gaya ‘Tips’ itu akan menarik perhatian pembaca untuk langsung mengerjakan secara praktik. Penulisan dengan format ‘how to’ yang menyajikan cara atau arahan akan membantu pembaca. Orang-orang menyukai tips, atau langkah-langkah untuk melakukan sesuatu dengan lebih baik, lebih murah, dan lebih cepat,” jelas Yusuf.

Sementara itu mengenai cara mengatasi hambatan menulis Aning Sofyan memberikan tipsnya, yakni mengumpulkan ide, mulailah dari akhir, buatlah kerangka gagasan, menulislah tanpa hambatan, tulis dulu edit belakanga, buat komitmen harian untuk berlatih menulis, sering melakukan dan mintalah umpan balik dari orang lain.

Pada bagian lain Yenni Yuniati, yang juga Ketua Bidang Kajian Ilmu Jurnalisitk Fikom Unisba membeberkan tentang langkah menulis buku, yaitu mengumpulkan ide atau gagasan, fokus pada gagasan yang telah ditentukan, membuat kerangka buku, memulai menulis konsep, pelajari tulisan yang Anda tulis, improvisasi tulisan, melakukan revisi, pengeditan tulisan, merancang lay out isi dan kover serta penjilidan.

Sebagai materi pamungkas Nila Nurlimah menjelaskan mengenai praktik menulis. Menurutnya jika akan menulis hal pertama yang dilakukan adalah mengidentifikasi passion Anda karena passion itu merupakan suatu hal yang jika dikerjakan tidak merasa ada beban. Kedua, tulislah pengalaman Anda karena pengalaman merupakan tambang emas yang bisa Anda gali setiap saat. Jika Anda seorang blogger maka cermati pertanyaan para pengunjung yang pada umumnya menanyakan hal yang bersifat detil. Keempat, cek buku best seller di toko buku lokal. Dari buku terlaris inilah Anda bisa menulis yang sejenis tapi dengan nilai keunggulan lebih. Terakhir adalah menulis judul buku yang menarik. Judul yang menarik akan membuat pembaca Anda betah berlama-lama dengan bacaannya.
Selain penyampaian materi pada kegiatan PKM tersebut para peserta melakukan praktik membuat katalog produk berdasarkan kategorinya, yakni kuliner, handycrat, dan souvernir. Acara ditutup dengan pemberian hadiah kepada peserta berdasarkan kreativitas produk yang dibuatnya.(ask)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *