IKA Fikom Unisba Gelar Musyawarah dan Workshop Digitalisasi Bisnis

MEDIAKAMPUS.INFO (28/5/2022) – Ikatan Keluarga Alumni Fakultas Ilmu Komunikasi (IKA Fikom) Unisba menggelar Silaturrahim dan Musyawarah Alumni dengan tajuk “Homecoming IKA Fikom”, di Aula Utama, Tamansari Nomor 1 Bandung, Minggu (26/6)

Acara Homecoming IKA Fikom dimeriahkan Workshop Ekonomi Digital dan UMKM dengan pembicara Sena Senjana (enterpreneur/Asbhoel Founder), Syaiful Wathan (travelpreneur/Fres Indonesia Founder), dan M. Zulkifli (konsultan/ThoughtLeader PR Founder). Ketiga pembicara adalah kandidat Ketua IKA Fikom.

Menurut Ketua Pelaksana ME Fuady, Homecoming IKA Fikom diselenggarakan sebagai ajang silaturrahim sekaligus musyawarah para alumni menentukan kepengurusan organisasi.

“Periode kepengurusan lama telah usai, hari ini akan dipilih kepengurusan baru. Ketiga kandidat memiliki pengalaman di bidang entrepreneurship maka acara ini juga memiliki muatan edukasi melalui  share pengalaman tiga kandidat meluaskan pasar UMKM dengan digitalisasi bisnis,” tutur Fuady.

“Alumni Fikom Unisba memiliki konsern di bidang bisnis dan entrepreneurship. Untuk itulah Homecoming IKA Fikom juga dimeriahkan pameran UMKM. Semua peserta pameran UMKM adalah alumni. Mereka memiliki variasi produk, di antaranya gula aren yang memiliki pasar hingga mancanegara,”,tegasnya.

Menurut M Zulkifli yang berpengalaman sebagai Konsultan PR beberapa UMKM, untuk meluaskan pasar dibutuhkan reputasi digital. “Bangunlah reputasi perusahaan dengan terus menciptakan interaksi dalam dunia digital. Kita bisa memanfaatkan ruang digital untuk membuat cerita baik dan nyata tentang perusahaan. Usahakan release tersebut memiliki sisi human interest yang disukai netizen dan pembaca surat kabar digital,”tegasnya.

Senada dengan Zulkifli, Sena Senjaya dan Syaiful Wathan menekankan pentingnya membangun kepercayaan melalui komunikasi publik di media sosial.

Pada kesempatan yang sama IKA Fikom Unisba memberikan beasiswa kepada tiga orang mahasiswa Ray Ahmed Na’siim (2018), Iska Nur Indira Dewi (2019), dan Nadia Zalfa Rafizky (2021) yang memiliki IPK 3.95. Ketua IKA Fikom Elba Damhuri juga menyerahkan penghargaan kepada dua orang dosen, Dr. Yusuf Hamdan, M.Si. (Alm) dan Dr. Nurrahmawati (Alm) yang wafat pada Mei 2022. Penghargaan diterima oleh pihak keluarga almarhum.

Pada musyawarah alumni tersebut, Syaiful Wathan terpilih menjadi ketua IKA Fikom menggantikan Elba Damhuri. Ketua IKA Fikom periode 2022-2026 dipilih melalui musyawarah antarkandidat.

Wakil Rektor III Unisba Dr. Amrullah Hayatudin, SHI., M.Ag. menyambut baik penyelenggaraan Homecoming IKA Fikom.

“Pimpinan menginginkan adanya kolaborasi yang apik antara alumni dan universitas karena secara tidak langsung alumni merupakan agen promosi kita. Kami berharap ke depannya kita dapat menyelenggarakan jobfair sebagai kerjasama antara alumni dan universitas,” ujar Amrullah.

Dalam sambutannya, Dekan Fikom Unisba Prof. Dr. Atie Rachmiatie, Dra., M.Si mengapresiasi kehadiran para alumni di Homecoming IKA Fikom.

“Salah satu kelebihan dari alumni Fikom Unisba adalah pembinaan karakter alumni berdasarkan landasan Islam. Moralitas itu penting dan utama bagi setiap alumni. Pesan saya selalu jaga nama baik almamater Fikom Unisba, apalagi kini prodi S-1 kita memiliki akreditasi unggul dan sudah berdiri Prodi Doktor Ilkom,” ungkapnya.

Acara Homecoming IKA Fikom dihadiri sekira 120 orang peserta yang mewakili angkatan 1983 hingga 2017. Jumlah peserta dibatasi menimbang protokol kesehatan masih diberlakukan. Meski bukan merupakan ajang reuni, para alumni melepas kangen dengan para dosen dan sesama alumni.(ask/png)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *